Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Senin, 30 Mei 2011

Sejarah dan Wilayah Kabupaten Tangerang

Wilayah Kabupaten Tangerang
Sejarah Kabupaten Tangerang


Kabupaten Tangerang lahir pada saat Kesultanan Banten yang terus terdesak oleh agresi penjajah Belanda sehingga mengutus tiga Maulana yang berpangkat aria untuk membuat perkampungan pertahanan di Tangerang.
Ketiga Maulana itu adalah Maulana Yudanegara, Wangsakerta dan Santika. Konon basis pertahanan mereka berada di garis pertahanan ideal yang kini disebut Kawasan Tigaraksa dan membentuk suatu pemerintahan. Sebab itu, dalam cerita legenda rakyat cikal bakal Kabupaten Tangerang adalah Tigaraksa (sebutan Tiga Raksa diambil dari sebutan kehormatan kepada tiga pimpinan sehingga lahirlah nama Tigaraksa).
Berdasarkan catatan sejarah, pemerintahan ketiga Maulana ini pada akhirnya dapat ditumbangkan dan seluruh wilayah pemerintahan Kesultanan Banten di wilayah ini dikuasai oleh Belanda pada tahun 1684. Diperkirakan pada tahun tersebut lahir sebutan Tangerang. Sebutan Tangerang lahir ketika Pangeran Soegri salah seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten membangun tugu prasasti di bagian Barat Sungai Cisadane (diyakini dikampung grendeng kini), Waktu itu masyarakat sekitar menyebut tugu tersebut dengan Tengeran atau dalam bahasa Sunda artinya tanda. Lalu lama kelamaan berubah menjadi Tangerang.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites