Dihikayatkan bahwa ada sebagian ulama terkemuka di Iraq yang merasa dengki dan
iri hati terhadap Imam asy-Syafi’i dan berupaya untuk menjatuhkannya. Hal ini
dikarenakan keung-gulan Imam asy-Syafi’i atas mereka di dalam ilmu dan hikmah,
di samping karena beliau mendapatkan tempat yang khusus di hati para penuntut
ilmu sehingga mereka begitu antusias menghadiri majlisnya saja dan merasa
begitu puas dengan pendapat dan kapasitas keilmuannya. Karena itu, para
pendengki tersebut bersepakat untuk menjatuhkan Imam asy-Syafi’i. Caranya,
mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan yang rumit dalam ben-tuk teka-teki
untuk menguji kecerdasannya dan seberapa dalam ilmunya di hadapan sang khalifah
yang baik, Harun ar-Rasyid. Khalifah memang sangat menyukai Imam asy-Syafi’i
dan banyak memujinya. Setelah menyiapkan beberapa pertanyaan tersebut, para
pendengki tersebut memberi-tahu sang khalifah perihal keinginan mereka untuk
menguji Imam asy-Syafi’i. Sang khalifah pun hadir dan mendengar langsung
lon-taran beberapa pertanyaan tersebut yang dijawab oleh Imam asy-Syafi’i
dengan begitu cerdas dan amat fasih. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut seperti berikut:
Para Pendengki (Selanjutnya disebut: PP) :
Apa pendapatmu mengenai seorang laki-laki yang menyembelih seekor kambing di rumah-nya, kemudian dia keluar sebentar untuk suatu keperluan lalu kembali lagi seraya berkata kepada keluarganya, “Makanlah oleh kalian kambing ini karena ia sudah haram bagiku.’ Lalu dijawab oleh keluarganya pula, “Ia juga haram bagi kami.” (bagaimana hal ini bisa ter-jadi.?-red.,)
Imam asy-Syafi’i (Selanjutnya disebut: IS):
Sesungguhnya orang
ini dulunya seorang yang musyrik, menyembelih kambing atas nama berhala, lalu
keluar dari rumahnya untuk se-bagian keperluan lalu diberi hidayah oleh Allah
sehingga masuk Islam, maka kambing itu pun jadi haram baginya. Dan ketika mengetahui ia masuk Islam, keluarganya pun
masuk Islam se-hingga kambing itu juga haram bagi mereka.
PERTANYAAN ke –2 PP:
PERTANYAAN ke –2 PP:
Ada dua orang Muslim yang berakal mi-num khamar, lalu salah satunya diganjar hu-kum Hadd (dicambuk 80 kali-red.,) tetapi yang satunya tidak diapa-apakan. (kenapa bisa demikian.?-red.,)
IS: Sesungguhnya salah seorang di antara mereka berdua ini sudah baligh dan yang satunya lagi masih bocah (belum baligh).
PERTANYAAN-3 PP:
Ada lima orang menzinahi seorang wanita, lalu orang pertama divonis bunuh, orang kedua dirajam (dilempar dengan batu hingga mati-red.,), orang ketiga dikenai hukum hadd (cambuk seratus kali-red.,), orang keempat hanya dikenai setengah hukum hadd sedangkan orang kelima dibebaskan (tidak dikenai apa-apa). (Kenapa bisa demikian.?-red.,)
Ada lima orang menzinahi seorang wanita, lalu orang pertama divonis bunuh, orang kedua dirajam (dilempar dengan batu hingga mati-red.,), orang ketiga dikenai hukum hadd (cambuk seratus kali-red.,), orang keempat hanya dikenai setengah hukum hadd sedangkan orang kelima dibebaskan (tidak dikenai apa-apa). (Kenapa bisa demikian.?-red.,)
IS: Karena orang pertama tersebut telah menghalalkan zina sehingga divonis
murtad dan wajib dibunuh, orang kedua adalah seo-rang yang Muhshan (sudah
menikah), orang ketiga adalah seorang yang Ghairu Muhshan (belum menikah), orang keempat adalah seo-rang budak
sedangkan orang kelima adalah seorang yang gila.
PERTANYAAN-4 PP:
Seorang laki-laki mengerjakan shalat, lalu tatkala memberi salam ke kanan isterinya menjadi ditalak, tatkala memberi salam ke kiri batallah shalatnya serta tatkala melihat ke langit, dia malah wajib membayar 1000 dirham. (kenapa bisa begitu.?-red.,)
Seorang laki-laki mengerjakan shalat, lalu tatkala memberi salam ke kanan isterinya menjadi ditalak, tatkala memberi salam ke kiri batallah shalatnya serta tatkala melihat ke langit, dia malah wajib membayar 1000 dirham. (kenapa bisa begitu.?-red.,)
IS: Tatkala memberi salam ke kanan, ia melihat seseorang yang telah ia nikahi
isterinya saat dia menghilang (dalam pencarian), maka ketika ia melihatnya
(suami lama ister-inya tersebut) sudah hadir, ditalaklah isterinya tersebut dan
tatkala menoleh ke arah kirinya, dia melihat ada najis sehingga batal-lah
shalatnya, lalu ketika menengadah ke langit, dia melihat bulan sabit telah
nampak di sana sementara ia punya hutang sebesar 1000 dirham yang harus
dibayarnya pada awal bulan begitu nampak bulan sabit tersebut (karena dia harus
membayar hutang tersebut pada awal bulan hijriah-red.,).
PERTANYAAN-5 PP:
Ada seorang imam melakukan shalat bersama empat orang jama’ah di masjid, lalu masuklah seorang laki-laki dan ikut me-lakukan shalat di samping kanan sang imam. Tatkala imam memberi salam ke kanan dan melihat orang tersebut, maka ia wajib dieksekusi mati sedangkan empat orang yang bersamanya harus dihukum cambuk sedangkan masjid tersebut wajib dihancurkan, (bagaimana bisa demikian.?-red.,)
Ada seorang imam melakukan shalat bersama empat orang jama’ah di masjid, lalu masuklah seorang laki-laki dan ikut me-lakukan shalat di samping kanan sang imam. Tatkala imam memberi salam ke kanan dan melihat orang tersebut, maka ia wajib dieksekusi mati sedangkan empat orang yang bersamanya harus dihukum cambuk sedangkan masjid tersebut wajib dihancurkan, (bagaimana bisa demikian.?-red.,)
IS: Sesungguhnya lelaki yang datang itu du-lunya memiliki seorang isteri, lalu
dia beper-gian dan meninggalkannya (mantan ister-inya tersebut) di rumah
saudaranya lantas si imam ini membunuh saudaranya tersebut dan mengklaim bahwa
perempuan itu adalah isteri korban yang dikawininya (padahal ia adalah saudara
perempuan si korban-red.,) lantas ke-empat orang yang melakukan shalat
bersamanya itu bersaksi atas hal itu (bersaksi dusta-red.,), sedangkan masjid
tersebut dulunya adalah rumah si korban (saudara laki-laki si wanita yang jadi
isterinya-red.,) lalu dijadikan oleh si imam sebagai masjid (sehingga wajib
dihancurkan-red.,).
PERTANYAAN- 6 PP:
Apa pendapatmu mengenai seorang laki-laki yang memiliki budak namun melarikan diri, lalu orang ini berkata, “Dia bebas(merdeka) jika aku makan, hingga aku mene-mukannya (alias: aku tidak akan makan hingga bisa menemukannya dan bila aku tern-yata makan sebelum menemukannya, maka status budak tersebut adalah bebas/merdeka-red.,), bagaimana jalan keluar baginya dari ucapannya tersebut?
Apa pendapatmu mengenai seorang laki-laki yang memiliki budak namun melarikan diri, lalu orang ini berkata, “Dia bebas(merdeka) jika aku makan, hingga aku mene-mukannya (alias: aku tidak akan makan hingga bisa menemukannya dan bila aku tern-yata makan sebelum menemukannya, maka status budak tersebut adalah bebas/merdeka-red.,), bagaimana jalan keluar baginya dari ucapannya tersebut?
IS: Ia hibahkan saja budak tersebut kepada se-bagian
anak-anaknya kemudian dia makan, kemudian setelah itu ia menarik kembali
hi-bahnya tersebut.
PERTANYAAN- 7 PP:
Ada dua orang wanita bertemu dengan dua orang anak laki-laki, lalu kedua wanita tersebut berkata, “Selamat datang wahai kedua anak kami, kedua suami kami dan kedua anak dari kedua suami kami.” (bagaimana gambarannya?-red.,)
Ada dua orang wanita bertemu dengan dua orang anak laki-laki, lalu kedua wanita tersebut berkata, “Selamat datang wahai kedua anak kami, kedua suami kami dan kedua anak dari kedua suami kami.” (bagaimana gambarannya?-red.,)
IS: Sesungguhnya kedua anak laki-laki itu adalah dua anak dari masing-masing
wanita tersebut, lalu masing-masing wanita itu meni-kah dengan anak laki-laki
temannya (kawin si-lang-red.,), maka jadilah kedua anak laki-laki itu sebagai
kedua anak mereka berdua, kedua suami mereka berdua dan kedua anak dari kedua
suami mereka.
PERTANYAAN- 8 PP:
Seorang laki-laki mengambil sebuah wa-dah air untuk minum, lalu dia hanya bisa meminum separuhnya yang halal baginya se-dangkan sisanya menjadi haram baginya, (bagaimana bisa terjadi.?-red.,)
Seorang laki-laki mengambil sebuah wa-dah air untuk minum, lalu dia hanya bisa meminum separuhnya yang halal baginya se-dangkan sisanya menjadi haram baginya, (bagaimana bisa terjadi.?-red.,)
iIS: Sesungguhnya laki-laki itu telah meminum separuh air di wadah, lalu ketika
meminum separuhnya lagi ia mengalami ‘mimisan’ se-hingga darah menetes ke wadah
itu sehingga membuat darah bercampur dengan air. Maka,
jadilah ia (sisanya tersebut) haram baginya.
PERTANYAAN ke- 9 PP:
Ada seorang laki-laki memberi kantong yang terisi penuh dan telah disegel kepada isterinya, lalu ia meminta kepada isterinya tersebut untuk mengosongkan isinya dengan syarat tidak membuka, merobek, menghan-curkan segel atau membakarnya sebab bila ia melakukan salah satu dari hal tersebut, maka ia ditalak. (apa yang harus dilakukan sang is-teri.?-red.,)
Ada seorang laki-laki memberi kantong yang terisi penuh dan telah disegel kepada isterinya, lalu ia meminta kepada isterinya tersebut untuk mengosongkan isinya dengan syarat tidak membuka, merobek, menghan-curkan segel atau membakarnya sebab bila ia melakukan salah satu dari hal tersebut, maka ia ditalak. (apa yang harus dilakukan sang is-teri.?-red.,)
IS: Sesungguhya kantong itu terisi penuh oleh gula atau garam
sehingga apa yang harus dila-kukan wanita hanyalah mencelupkannya ke dalam air
hingga ia mencair sendiri.
PERTANYAAN ke- 10 PP:
Seorang laki-laki dan wanita melihat dua orang anak laki-laki di jalan, lalu keduanya mencium kedua anak laki-laki tersebut. Dan tatkala keduanya ditanyai mengenai tindakan mereka itu, si laki-laki itu menjawab, “Ayahku adalah kakek dari kedua anak laki-laki itu dan saudaraku adalah paman keduanya sedang-kan isteriku adalah isteri ayahnya.” Sedang-kan si wanita menjawab, “Ibuku adalah nenek keduanya dan saudara perempuanku adalah bibinya (dari pihak ibu).” (siapa sebenarnya kedua anak itu bagi kedua orang tersebut.?-red.,)
Seorang laki-laki dan wanita melihat dua orang anak laki-laki di jalan, lalu keduanya mencium kedua anak laki-laki tersebut. Dan tatkala keduanya ditanyai mengenai tindakan mereka itu, si laki-laki itu menjawab, “Ayahku adalah kakek dari kedua anak laki-laki itu dan saudaraku adalah paman keduanya sedang-kan isteriku adalah isteri ayahnya.” Sedang-kan si wanita menjawab, “Ibuku adalah nenek keduanya dan saudara perempuanku adalah bibinya (dari pihak ibu).” (siapa sebenarnya kedua anak itu bagi kedua orang tersebut.?-red.,)
IS: Sesungguhnya laki-laki itu tak lain adalah ayah kedua anak laki-laki itu sedangkan wanita itu adalah ibu mereka berdua.
PERTANYAAN- 11 PP:
Ada dua orang laki-laki berada di atas loteng rumah, lalu salah seorang dari mereka jatuh dan tewas. Sebagai konsekuensinya, is-teri orang yang tewas tersebut menjadi haram bagi temannya yang satu lagi. (bagaimana ini bisa terjadi.?-red.
IS: Sesungguhnya
laki-laki yang jatuh lalu tewas itu adalah orang (majikan/tuan) yang telah
menikahkan putrinya dengan budaknya yang bersamanya di atas loteng tersebut
(yang se-lamat), maka tatkala ia tewas, putrinya tersebut mewarisinya sehingga
menjadi pemilik bu-dak yang tidak lain suaminya tersebut, maka jadilah ia
(putri majikannya tersebut) haram baginya.
Sampai di sini, sang khalifah Harun ar-Rasyid yang menghadiri perdebatan tersebut tidak mampu menyembunyikan rasa kagumnya terhadap kecerdasan Imam asy-Syafi’i, spontanitasnya, kebagusan pemahamannya dan keindahan ilmunya seraya berkata,:
“Maha suci Allah atas karunianya kepada Bani ‘Abdi Manaf; engkau telah menjelaskan dengan baik dan menafsirkan dengan begitu menawan serta mengungkapkan dengan begitu fasih.”
Maka berkatalah Imam asy-Syafi’i, :
“Semoga Allah memanjangkan umur Amirul Mukminin. Aku mau mengajukan kepada para ulama tersebut satu pertanyaan saja yang bila mereka dapat menjawabnya, maka alhamdulillah sedang bila tidak bisa, aku berharap Amirul Mukminin dapat mengekang keusilan mereka terhadapku.”
“Ya, itu hakmu, silahkan ajukan pertanyaanmu kepada mereka, wahai asy-Syafi’i,?” kata sang khalifah
Imam Syafii mengajukan pertanyaan kepada mereka :
“Ada seorang laki-laki yang meninggal dunia dengan meninggalkan warisan sebanyak 600 dirham namun saudara wanitanya hanya mendapatkan bagian 1 dirham saja dari wari-san tersebut, bagaimana cara membagikan warisan tersebut,?”
Maka, masing-masing dari para ulama terse-but saling memandang satu sama lain begitu lama namun tidak seorang pun dari mereka yang mampu menjawab satu pertanyaan tersebut sehingga tampak keringat membanjiri jidat mereka.
Dan setelah begitu lama mereka hanya terdiam, berkatalah sang khalifah, “Ayo, katakan kepada mereka apa jawabannya.!”
Sampai di sini, sang khalifah Harun ar-Rasyid yang menghadiri perdebatan tersebut tidak mampu menyembunyikan rasa kagumnya terhadap kecerdasan Imam asy-Syafi’i, spontanitasnya, kebagusan pemahamannya dan keindahan ilmunya seraya berkata,:
“Maha suci Allah atas karunianya kepada Bani ‘Abdi Manaf; engkau telah menjelaskan dengan baik dan menafsirkan dengan begitu menawan serta mengungkapkan dengan begitu fasih.”
Maka berkatalah Imam asy-Syafi’i, :
“Semoga Allah memanjangkan umur Amirul Mukminin. Aku mau mengajukan kepada para ulama tersebut satu pertanyaan saja yang bila mereka dapat menjawabnya, maka alhamdulillah sedang bila tidak bisa, aku berharap Amirul Mukminin dapat mengekang keusilan mereka terhadapku.”
“Ya, itu hakmu, silahkan ajukan pertanyaanmu kepada mereka, wahai asy-Syafi’i,?” kata sang khalifah
Imam Syafii mengajukan pertanyaan kepada mereka :
“Ada seorang laki-laki yang meninggal dunia dengan meninggalkan warisan sebanyak 600 dirham namun saudara wanitanya hanya mendapatkan bagian 1 dirham saja dari wari-san tersebut, bagaimana cara membagikan warisan tersebut,?”
Maka, masing-masing dari para ulama terse-but saling memandang satu sama lain begitu lama namun tidak seorang pun dari mereka yang mampu menjawab satu pertanyaan tersebut sehingga tampak keringat membanjiri jidat mereka.
Dan setelah begitu lama mereka hanya terdiam, berkatalah sang khalifah, “Ayo, katakan kepada mereka apa jawabannya.!”
“Orang
tersebut meninggal dunia dengan meninggalkan ahli waris; dua anak perempuan,
seorang ibu, seorang isteri, dua belas orang saudara laki-laki dan seorang
saudara perempuan. Jadi, dua anak perempuannya itu mendapatkan dua pertiganya,
yaitu 400 dirham; si ibu mendapatkan seperenam, yaitu 100 dirham; isteri
mendapatkan seperdelapan, yaitu 75 dirham; dua belas saudara laki-lakinya
mendapatkan 24 dirham (masing-masing 2 dirham) sehingga sisanya yang satu
dirham lagi itu menjadi jatah saudara perem-puannya tersebut,” jawab Imam
asy-Syafi’i setelah orang-orang yang ingin men-jatuhkannya di hadapan khalifah
yang amat mencintainya itu berbuat nekad terhadapnya. Dan jawaban Imam
asy-Syafi’i tersebut mem-buat sang khalifah tersenyum seraya berkata, “Semoga
Allah memperbanyak pada keluarga besarku orang sepertimu.” Lalu beliau memberi
hadiah kepada Imam asy-Syafi’i sebanyak 2000 dirham. Hadiah itu diterimanya,
lalu dibagi-bagikannya kepada para pelayan istana dan para pengawal.
________________
(SUMBER: Mi`ah Qishshah Wa Qishshah Fi Aniis
ash-Shaalihiin Wa Samiir al-Muttaqiin karya Muhammad
Amin al-Jundy, Juz.II, h.3-10) - sebagaimana disalin oleh As-Sofwah.or.id
0 komentar:
Posting Komentar